Tips Menghilangkan Batuk Berdahak

By | January 20, 2021

PIMC Pondok Indah Medical Centre – Baik batuk berdahak ataupun batuk kering, sama-sama membuat pengidapnya terganggu ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Batuk berdahak sendiri terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan.

Pada batuk berdahak, sebenarnya batuk ini bertujuan mendorong lendir dari sistem pernapasan, sehingga pengidapnya bisa bernapas lebih mudah. Batuk sendiri merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Meski begitu, batuk juga menandakan adanya gejala dari penyakit tertentu.

Nah, pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi batuk berdahak?

Tips Menghilangkan Batuk Berdahak

Lain penanganan batuk biasa, lain pula penanganan batuk berdahak. Alasannya simpel, karena dahak yang ada mesti dihilangkan agar batuk mereda. Lalu, bagaimana cara mengatasi batuk berdahak?
1. Obat-Obatan

Kita bisa kok memilih obat khusus yang dijual bebas untuk menghilangkan batuk berdahak. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya:

Untuk menghilangkan dahak, kita bisa memilih obat batuk yang memiliki kandungan ekspektoran. Obat ekspektoran bekerja dengan cara mengurangi kekentalan dahak, sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan.
Untuk ibu hamil yang sedang mengalami batuk berdahak, carilah obat batuk dengan bahan utama guaiphenesin atau bromhexine yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Agar lebih amannya, ibu juga bisa berdiskusi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat batuk.
Sedangkan obat batuk yang mengandung ibuprofen atau parasetamol dapat meredakan gejala demam yang menyertai batuk serta menghilangkan sakit pada tenggorokan.

2. Jeruk Nipis dengan Kecap atau Madu

Campuran jeruk nipis dan kecap manis sudah dikenal sebagai obat alami yang dapat meredakan batuk berdahak. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk. Penggunaan kecap juga dapat diganti dengan madu untuk memberikan rasa manis pada perasan jeruk nipis yang sangat asam.
3. Daun Sirih dan Jahe

Daun yang dikenal sebagai obat alami untuk masalah kewanitaan ini, ternyata juga berkhasiat meredakan batuk. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun jahe yang sudah dipotong-potong, lalu minum air rebusan tersebut minimal satu hari sekali untuk menghangatkan tenggorokan
4. Tindakan Preventif

Selain hal di atas, ada pula cara lainnya agar batuk berdahak tak semakin parah. Nah, bila dirimu sudah merasakan adanya gejala-gejala batuk berdahak, seperti tenggorokan terasa gatal, pilek, dan suara mulai serak, cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini:

Usahakan agar badan tetap hangat dengan cara menggunakan jaket, minum air jahe dan minuman yang hangat, mandi air hangat, dan lain-lain.
Beristirahatlah yang cukup dan perbanyak minum air putih.
Hindari berdekatan dengan pengidap flu dan batuk lainnya.
Berkumur dengan air garam atau air biasa selama 60 detik, tiga kali sehari untuk menghilangkan kuman bakteri di tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *