Konsumsi Kafein Supaya Latihan Jadi Lebih Baik

By | May 11, 2020

Cara Membentuk Otot Kaki – Salah satu suplemen yang sering dipelajari dalam dunia kesehatan adalah kafein. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa kafein aman dan efektif untuk dikonsumsi. Selain itu dengan mengonsumsi kafein ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Saat ini kafein seperti telah menjadi kebutuhan hidup karena mayoritas orang telah mengonsumsinya. Terutama bagi penggiat olahraga, umumnya mereka lebih tertarik pada manfaat kinerja dibandingkan dengan manfaat kesehatan. Lalu mengapa dengan mengonsumsi kafein latihan menjadi lebih baik? Simak ulasan berikut dari laman Optifits.com.

  1. Lebih banyak energi

Kafein bekerja dengan menjadi stimulan sistem saraf pusat di otak. Kafein akan menghalangi reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan kadar dopamin, adrenalin, dan epinefrin. Dengan mengonsumsi kafein sebelum olahraga akan membuat tubuh anda semakin terdorong untuk lebih bersemangat.

  1. Meningkatkan kekuatan

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan satu dosis kafein dapat meningkatkan kekuatan otot dengan asumsi dosisnya cukup tinggi. Tiga cangkir kopi setara dengan tiga ratus miligram kafein jika diberikan dalam dosis tunggal maka dapat menstimulasi sistem saraf. Selain itu mengonsumsi kafein dengan mencampurnya bersama karbohidrat  sebelum olahraga dipercaya mampu mengembalikan kadar glikogen dalam otot dengan cepat, sehingga energi yang dihasilkan menjadi lenih kuat.

  1. Daya tahan meningkat

Kafein dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan beberapa cara. Pertama yaitu meningkatkan pembakaran lemak ketika latihan. Lemak tubuh anda akan terbakar lebih banyak jika berlatih dengan mengonsumsi kafein.

Selain menekan nafsu, kafein juga dapat menstimulasi terjadinya termogenesis, yakni mekanisme tubuh yang sistem kerjanya dengan merubah makanan menjadi energi dan panas.

Cara kafein meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat. Kafein mampu meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Sehingga darah yang mengalir pada otot akan lebih banyak serta memberikan banyak nutrisi dan oksigen untuk menghasilkan daya tahan tubuh yang besar.

  1. Nyeri otot berkurang

Kafein mampu mengubah pengerahan tenaga yang terasa saat latihan, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri otot. Dengan begitu anda akan lebih kuat saat berlatih dan hasil yang dicapai menjadi lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *