Hal yang Perlu dipertimbangkan Sebelum Memasang Sekat Cermin Kamar Mandi

By | November 21, 2020

Agar memberikan kesan yang lebih luas di dalam suatu ruangan bisa dilakukan dengan pemasangan kaca atau cermin, salah satunya yaitu di ruangan kamar mandi. Saat melakukan pemasangan cermin kamar mandi, pastinya juga ada kendala yang sering kali di alami. Misalnya seperti posisi penempatan yang kurang tepat.

Kaca di kamar mandi bisa saja tidak sejernih saat membeli pertama kalinya, apabila diletakkan di lokasi yang terlalu banyak embun. Supaya fungsi dari sekat kaca dapat dimaksimalkan maka Anda bisa memperhatikan 5 tips berikut ini:

  1. Posisi Peletakan Sekat Cermin

Sebaiknya pemasangan cermin tidak dilakukan di area jalur hawa pendingin udara seperti di area shower. Tujuannya supaya dapat mencegah embun berlebih. Sementara jika kaca terlalu sering mengembun maka akan menjadikan kaca lebih mudah berjamur.

  1. Bersihkan Cermin Setiap Hari

Sisa uap yang menempel di bagian kaca atau cipratan air dapat membuat kaca terlihat kabur. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus rutin membersihkan kaca, paling tidak satu minggu satu kali. Semakin Anda malas membersihkan maka akan banyak tumpukan jamur yang ada di cermin, sehingga proses pembersihannya pun lebih sulit dilakukan.

  1. Sesuaikan Dimensi Maupun Ketebalan Kaca

Cermin kamar mandi yang aman digunakan berukuran 2 meter persegi yaitu dengan ketebalan 8 mm. Sementara untuk kamar mandi dimensi sekat berukuran 1,2m x 2m dapat memanfaatkan kaca ketebalan 10 mm.

  1. Gunakan Cermin tempered

Kaca yang paling aman digunakan untuk kaca kamar mandi sebagai sekat yaitu kaca tempered. Alasannya karena kaca ini mempunyai elastisitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kaca biasa. Penggunaan dari kaca tempered ini ini dapat mengurangi bahaya cedera ketika kaca pecah, karena permukaan kaca akan terbuai dan menjadi butiran kecil sehingga relatif aman dari potongan pecahan kaca.

  1. Hindari Air Dingin dan Air Panas

Apabila kamar mandi Anda terdapat sekat berupa kaca maka sebaiknya Anda menghindari paparan air panas dan air dingin secara bergantian. Hal ini dikarenakan kaca bisa saja mengalami susut muai dan beresiko menimbulkan pecah. Sebab itu saat menggunakan air panas maka jangan langsung menggunakan air dingin supaya tidak terjadi pemuaian.

Menjaga kebersihan dan kualitas cermin kamar mandi maka Anda harus memperhatikan poin penting yang ada di atas. Mengingat bahwa kaca kamar mandi sangat terlihat apabila kusam maka Anda harus selalu rutin dalam membersihkannya dan selalu jaga kebersihan sebaik mungkin. Termasuk menjaga kelembaban kamar mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *