Hal Ini Untuk Hidup yang Lebih Bahagia dan Santai

By | April 5, 2021

Semakin bertambahnya usia membuat kita semakin banyak menelan pengalaman hidup yang penting dengan motto santai tapi berisi. Sialnya, pengalaman itu tak selalu yang baik, tapi ada juga yang menjebak, membuat kita terkekang dan terbelenggu. Hidup terkadang membuat kita terperangkap pada masa-masa jatuh, kehilangan semangat, terpuruk dalam kesedihan, tidak bebas.

Tidak bebasnya diri kita baik fisik maupun batin pasti akan mempengaruhi kejiwaan kita, jadi kurang leluasa berbahagia dan menikmati hidup. Nah, ada baiknya kita mulai meneliti satu persatu, apa saja kebiasaan dan sifat yang membuat kita kurang bahagia. Karena kadang kita terlalu fokus pada kerumitan hidup dan mengabaikan hal-hal kecil yang membuat hidup lebih bahagia dan santai.

Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, sebaiknya buka dulu pikiran kalian lebar-lebar dan jujur pada diri sendiri agar kalian bisa menghindari kedelapan hal yang akan disebutkan di bawah ini.

Sadar tidak sadar, kita seringkali terjebak pada lingkungan yang tidak sehat secara emosional. Lingkungan yang memaksa kita menjadi orang lain, menuntut kita menjadi begini dan begitu. Iya, kalau perubahan dan tuntutannya menuju ke arah baik tentu tak masalah, kalau menuntut perubahan gaya hidup yang di luar batas kita misalnya?

Mulai sekarang, beranikan pada diri sendiri untuk katakan “tidak”. Berhentilah menjadi di luar batas diri kita hanya demi memuaskan orang lain, hanya demi membuat orang lain lebih menyukai atau menerima kita. Apalagi sampai menjadi seorang social climber. Kenapa harus pedulikan penilain orang yang bukan siapa-siapa?

Karena, percayalah, keluarga dan orang-orang yang mencintai serta mendukungmu pasti akan menerimamu apa adanya, tidak akan mengubahmu menjadi pribadi yang lain. Pribadi yang asing.
<>2. Hanya Akan Bahagia Jika Mendapat Pasangan

Apalagi sampai berpikir bahwa kalian hanya akan bahagia jika mendapatkan pasangan. Duuuhh buang jauh-jauh pemikiran demikian ya! Mendapatkan pasangan hidup yang tepat memang hal indah, tapi bukan berarti kebahagiaan hanya datang dari sana. Karena kebahagiaan ada di dalam diri kita masing-masing.

Jadi ketika tiba-tiba hal buruk terjadi dan membuatmu kehilangan pasanganmu, kamu tidak serta merta kehilangan seluruh kebahagiaanmu. Yap! Karena kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita, kebahagiaan kita sendiri yang ciptakan.

Hubungan asmara baru akan benar-benar berhasil jika keduanya telah bahagia dengan diri mereka masing-masing, kemudian bersama saling menyempurkan kebahagiaan.
<>3. Banyak Alasan atau Berdalih

Kebanyakan alasan dan berdalih hanya untuk pribadi yang tidak bertanggungjawab. Kesalahan dan berbagai kegagalan dalam hidup itu wajar, tapi bukan berarti kita jadi lengah dalam meratapi kesalahan dan kegagalan kemudian menjadi mengarang-ngarang alasan untuk enggan untuk bangkit dan maju.

Saat kita sedang sibuk berbaring di atas “berbagai alasan”, tanpa sadar kita telah melewarkan beberapa kesempatan dan hal baik dalam hidup. Jadi, ayo mulai bangkit, kumpulkan semangat dan mulailah melangkah! Sekalipun tertatih, tetaplah melangkah, karena tak ada hasil yang mengingkari usaha.

Terus melangkah dan hidupmu sedikit demi sedikit akan berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *