Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Cepat Sukses

By | February 28, 2021

Mandiri syariah mobileBanyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri usaha rumahan yang lagi trend, namun terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis rumahan. Anda dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya cara budidaya jamur tiram.

Persoalan lain saat menjalankan bisnis adalah kesulitan mengelola keuangan usaha karena tak memiliki pengetahuan dasar keuangan bisnis. Sebagai solusinya, Anda dapat mengikuti pelatihan dan kelas online secara gratis yang tersedia pada platform Mekari University.

Mekari University merupakan platform penyedia layanan edukasi berbasis teknologi untuk membantu para pemilik bisnis dan profesional meningkatkan kemampuannya.

Melalui Mekari University, Anda akan memperoleh wawasan lebih luas terkait topik manajemen akuntansi, pengelolaan keuangan, termasuk manajemen arus kas, strategi pengelolaan pajak korporasi, manajemen inventory, dan beberapa topik penting lain yang Anda butuhkan.

1. Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang Anda jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti.
2. Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar bisa sukses adalah masalah administrasi.
3. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi, butuh proses panjang agar dapat meraih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *